Senin, 07 Januari 2013

Rumus Dasar untuk Menentukan Volume Bangun Ruang

Pada pelajaran matematika tentang bangun ruang di SMP dan SMA, kita diajarkan untuk menentukan volume dari berbagai bangun ruang seperti tabung, kerucut, kubus, balok, dan lain sebagainya. Hambatan paling utama dalam menentukan volume berbagai bangun ruang adalah kita lupa akan rumus. Hal ini disebabkan karena satu bangun ruang memiliki satu rumus, sehingga terlalu banyak rumus yang harus dihafalkan. Tapi, sebenaranya hanya terdapat tiga rumus dasar untuk menentukan volume bangun ruang, karena hanya terdapat tiga tipe bangun ruang yang kita pelajari di SMP dan SMA yaitu prisma, limas, dan bola. Adapun, karakteristik dari ketiga bangun ruang tersebut adalah sebagau berikut.
1.         Prisma adalah bangun ruang yang sisi bawah (biasanya kita menyebutnya alas) dan sisi atasnya sama. Sisi bawah dan sisi atas berupa bangun datar. Contoh prisma adalah tabung, kubus balok, dan lain-.
2.         Limas adalah bangun ruang yang sisi bawahnya berupa bangun datar dan puncaknyaberupa titik. Contoh lias adalah kerucut, piramida, dan lain-lain
3.         Bola adalah tipe bangun ruang khusus, sehingga diperlukan rumus tersendiri untuk menentukan volumenya.
Ketiga rumus untuk menentukan volume ketiga bangun ruang di atas adalah sebagai berikut.
1.         Volume prisma = luas alas x tinggi
2.         Volume limas = (luas alas x tinggi) : 3
3.         Volume bola = (4/3 x π x r3), r = jari-jari bola
            Sebagai contoh, kita akan menghitung volume balok ABCD EFGH denngan alas ABCD, panjang AB  = 7 cm, panjang BC = 4 cm, dan panjang CG = 5 cm. karena kita mengetahui bahwa balok termasuk prisma, maka kita bias menghitung volume balok dengan rumus volume prisma.
Volume balok = luas alas x tinggi
                        = (7 cm x 4 cm) x 5 cm
                        = 140 cm3
            Untuk menghitung volume bangun ruang yang lain, anda cukup tentukan apakah bangun ruang tersebut termasuk limas, prisma, atau bola. Selanjutnya anda tinggal gunakan rumus yang sesuai dengan tipe bangun ruang yang akan anda hitung volumenya.

0 komentar:

Posting Komentar