Senin, 07 Januari 2013

Rumus Dasar Untuk Menetukan Luas Bangun Datar

Rumus Dasar untuk Menentukan Luas Bangun Datar

            Dalam pelajaran geometri tentang bangun datar, terkadang kita lupa akan rumus luas bangun-bangun datar seperti persegi, persegi panjang, laying-layang, trapesium, jajaran genjang, dan lain sebagainya. Tapi tahukan anda sebenaranya semua bangun datar memiliki dua rumus dasar untuk menentukan luasnya. Adapun kedua rumus dasar tersebut adalah
1. (panjang sisi atas + panjang sisi bawah) x tinggi : 2
2. (panjang diagonal 1 x panjang diagonal 2) : 2 ,diagonal 1 dan diagonal 2 saling tegak lurus.
            Contohnya, kita akan menghitung luas persegi panjang ABCD dengan panjang AB 5 cm dan panjang BC = 3 cm. Dalam contoh ini dapat diketahui bahwa panjang sisi atas = panjang sisi bawah = 5 cm, dan tinggi = 3 cm. Apabila kita menggunakan rumus dasar luas bangun datar yang pertama diperoleh :
Luas persegi panjang ABCD = (5 cm + 5 cm) x 3 cm : 2
                                                = 10 cm x 3 cm : 2
                                                = 15 cm2
Apabila kita menggunakan rumus luas persegi panjang yang selalu kita pakai, yaitu panjang x lebar untuk menghitung luas persegi panjang ABCD di atas, maka kita akan memperoleh hasil yang sama, 15 cm2.
            Lalu, bagaimana dengan luas segitiga? Katakanlah kita memiliki segitiga siku-siku ABC dengan siku-siku di B dan panjang AB = 4 cm dan panjang BC = 3 cm. Maka kita ketahui bahwa pada segitiga ABC tersebut tinggi = 3 cm, panjang sisi bawah = 4 cm dan panjang sisi atas = 0 cm, karenan sisi atas hanyalah berupa titik, yaitu titik C. Sekarang kita dapat menggunakan rumus luas bangun datar yang pertama untuk menentukan luas segitiga ABC.
Luas segitiga ABC      = (4 cm + 0 cm) x 3 cm : 2
                                    = 4 cm x 3 cm : 2
                                    = 6 cm2
            Biasanya, rumus dasar luas bangun datar yang kedua digunakan untuk menentukan luas laying-layang dan berbagai bangun datar yang hanya diketahui panjang diagonal-diagonalnya dan diagonal-diagonalnya saling tegak lurus.
Semoga artikel yang saya tulis ini berguna bagi para pengunjung.

0 komentar:

Posting Komentar